Lagi Musim, Manggis Banyak Manfaat Kesahatan Tapi…..

Manngis. Foto : Freelinenews.com

Manggis (Garcinia mangostana L.) adalah tanaman buah yang tumbuh di seluruh Kepulaan Nusantara. Di Aceh saat ini manggis salah satu buah yang sedang musim. Anda mungkin terkejut ketika mendengar tentang bagaimana makan buah manggis yang eksotis dapat bermanfaat bagi berbagai kondisi kesehatan dengan khasiatnya yang luar biasa.

Banyak penelitian yang telah dilakukan oleh praktisi medis dan herbal tentang  manfaat buah manggis untuk kesehatan yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Seperti dilansir healthy-skin, banyak ahli medis  seperti J. Frederic Templeman, M.D., seorang dokter yang berpengalaman tentang perawatan primer selama lebih dari 20 tahun dan bersertifikat dewan di Amerika Serikat dan Kanada.

Menurutnya,Manggis dapat memberikan dukungan yang kuat untuk setiap sistem organ dalam tubuh manusia. Fakta ini dikonfirmasi dari pengalaman klinisnya, tanpa diragukan lagi. Katanya,Manggis dapat dijadikan suplemen makanan paling sukses untuk kesehatan.

Manggis mengandung 40 lebih senyawa kimia alami yang aktif , secara biologis disebut Xanthones yang memiliki struktur molukyl yang sama, masing-masing mempunyai komposisi kimia yang unik yang memungkinkan untuk fungsi tertentu.

Lansir healthy-skin Manggis telah lama menjadi bagian dari pengobatan tradisional berbagai di berbagai negara Asia dan pernah dibawa ke seluruh dunia untuk dicicipi oleh Ratu Victoria. Khasiat buah manggis untuk kesehatan sudah dikenal sejak abad ke-18, dan ternyata manfaat tersebut bukan hanya mitos belaka.  Manggis adalah gudang nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan yang sehat, perkembangan dan kesejahteraan nutrisi secara keseluruhan. Bagian yang berbeda dari buah dan tanaman digunakan dalam pengobatan berbagai penyakit dan gangguan.

Berikut adalah beberapa manfaat buah manggis untuk kesehatan. 1. Manggis  Antioksidan Penelitian Ilmiah telah mengungkapkan bahwa Manggis mengandung kelas senyawa polifenol alami yang dikenal sebagai xanthone. Ada dua jenis xanthone dalam buah ini, yakni manggis alfa dan manggis gamma.

Xanthone dan turunannya telah terbukti memiliki beberapa manfaat, termasuk anti-inflamasi.  Xanthone adalah obat yang efektif melawan berbagai penyakit yang berhubungan dengan jantung (kardiovaskular). Antioksidan ini memiliki sifat penyembuhan yang memperbaiki sel-sel yang rusak oleh radikal bebas, memperlambat penuaan dan menangkal penyakit degeneratif dan kerusakan fisik dan mental.

2. Manggis Rendah Kalori

Buah ini sangat rendah kalori (63 kalori per 100 g) dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Meskipun demikian, kaya serat makanan (100 g menyediakan sekitar 13% dari RDA), yang bisa sangat penting bagi individu yang khawatir tentang kelebihan berat badan.

3. Manggis Kaya Vitamin C

Manggis kaya akan vitamin C dan mengandung sekitar 12% RDA per 100g. Menjadi antioksidan kuat yang larut dalam air, vitamin C memberikan ketahanan terhadap agen infeksi seperti flu dan mengais radikal bebas pro-inflamasi yang berbahaya. Oleh karena itu konsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C sangat penting untuk mengembangkan ketahanan terhadap penyakit. Folat memainkan peran penting dalam perkembangan janin dan evolusi sel-sel baru dalam tubuh. Vitamin khusus ini diperlukan selama kehamilan dan melindungi efek tabung saraf.

4. Manggis Melancarkan Aliran darah

Manggis membantu dalam meningkatkan sel darah merah dan mencegah anemia. Manggis dapat meningkatkan aliran darah dengan menyebabkan pelebaran pembuluh darah yang membantu melindungi kita dari penyakit tertentu seperti aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah), kolesterol tinggi, kemacetan jantung, dan nyeri dada yang parah. Dengan meningkatkan jumlah aliran darah ke mata, Vitamin C dalam manggis efektif melawan katarak. 1000 mg Vitamin C per hari efektif dalam melawan katarak dan meningkatkan penglihatan.

5. Manggis Mengurangi Kolesterol

Diet berlimpah di manggis sangat membantu dalam mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh manusia. Hal ini juga membantu untuk mengontrol tingkat trigliserida untuk menjaga kerja yang tepat dari jantung manusia.

6. Manggis Atasi TBC

Buah manggis mengandung sifat antibakteri dan antijamur yang kuat selain sangat efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Tindakan penghambatannya terhadap bakteri berbahaya berguna untuk pasien yang menderita TBC

7. Manggis Mencegah Kanker

Antioksidan yang ditemukan dalam manggis membantu mencegah kanker dan penyakit akibat penyempitan pembuluh darah lainnya. Ini adalah antioksidan kuat dan efektif yang melindungi tubuh kita dari radikal bebas yang menyebabkanberkurangnya suplay oksigen dalam  darah yang dapat menyebabkan sakit parah.

8. Manggis Menurunkan Tekanan Darah

Manggis juga mengandung mineral dalam jumlah tinggi seperti tembaga, mangan, dan magnesium. Kalium yang terkadung dalam manggis dapat mengatasi stroke dan penyakit jantung koroner karena dalam mamggis terdapat komponen penting untuk sel dan cairan tubuh dan dapat mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

9. Manggis Anti Peradangan

Manggis mengandung sifat anti peradangan yang sangat bermanfaat bagi orang yang menderita nyeri linu panggul yang tidak dapat dikendalikan dengan pengobatan. Mengkonsumsi manggis dua hingga tiga kali sehari akan membantu meredakan rasa sakit melalui efek anti peradangan dan penghambat nyeri.

10. Manggis Meningkatkan Daya Ingat

Salah satu manfaat kesehatan yang signifikan dari manggis adalah efektivitasnya mdeningkatkan daya ingat. Penyakit ini disertai dengan gejala seperti kebingungan linglung serta kesulitan dalam mengingat sesuatu. Tidak hanya buah manggis, kulit manggis, dan bagian lainnya juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan.

Sementara bubuk kering kulit manggis digunakan dalam pengobatan disentri, getahnya juga dapat digunakan untuk mengobati eksim dan beberapa gangguan kulit lainnya. Rebusan kulit manggis dapat digunakan untuk mengobati diare, sedangkan rebusan akar manggis digunakan untuk mengatur menstruasi.

Ramuan yang terbuat dari daun dan kulit manggis bermanfaat untuk menurunkan suhu tubuh dan juga untuk mengobati sariawan dan gangguan kencing. Jus yang terbuat dari kulit manggis bisa membuat kulit Anda terasa lebih kencang.

Tetapi ,,,,Wanita hamil harus menghindari mengkonsumsi jus kulit manggis karena dapat berbahaya bagi janin. Manfaat kesehatan ini membuat manggis sangat istimewa.

Tip dan dan saran yang tersebut di artikel ini hanya sekedar tujuan imformasi. Bukan ditafsirkan sebagai saran medis yang profisonal. Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi Anda sebelum memulai program diet atau kebugaran saat hendak menggunakan obat-obatan herbal atau suplemen makan. []

Exit mobile version