Ini Manfaat Coenzyme Q10 (CoQ10) Untuk Kesuburan Pria dan Wanita

Ilustrasi Cq10 dan Sperma Freelinenews.com

SEIRING bertambahnya usia, sel tubuh semakin lemah dan kadar Coenzyme Q10 (Co Q10), juga akan berkurang yang membuat proses berenergi tinggi seperti perkembangan sperma dan sel telur menjadi lebih sulit dan kurang efisien dalam tubuh.  Coenzyme Q10(Co Q10) dikenal sebagai ubiquinone, adalah biomolekul alami yang dapat dikonsumsi sebagai suplemen makanan untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Co Q10 hadir di setiap sel dalam tubuh manusia, dan membantu menghasilkan energi di semua sel.

Penyebab lain dari defisiensi CoQ10 termasuk;Kekurangan nutrisi, seperti kekurangan vitamin B6,Cacat genetik dalam sintesis atau pemanfaatan CoQ10 Peningkatan kebutuhan oleh jaringan sebagai akibat dari penyakit Penyakit mitokondria, Stres oksidatif karena penuaan.

Lansir Healthline,Penelitian telah menunjukkan bahwa CoQ10 memainkan beberapa peran penting dalam tubuh Anda. Salah satu fungsi utamanya adalah membantu menghasilkan energi dalam sel Anda. Ini terlibat dalam pembuatan adenosin trifosfat (ATP), yang terlibat dalam transfer energi di dalam sel.

Peran penting lainnya adalah berfungsi sebagai antioksidan dan melindungi sel dari kerusakan oksidatif. Jumlah radikal bebas yang berlebihan menyebabkan kerusakan oksidatif, yang dapat mengganggu fungsi sel secara teratur. Ini diketahui menyebabkan banyak kondisi kesehatan.

Tubuh Anda memproduksi CoQ10 secara alami, tetapi produksinya cenderung menurun seiring bertambahnya usia. Untungnya, Anda juga bisa mendapatkan CoQ10 melalui suplemen atau makanan.

Sehatq.com melansir kosumsi makanan berikut ini dapat meningkatkan CoQ10 dalam tubuh;

Melengkapi Co Q10 dalam tubuh dapat meningkatmeningkatkan kadar dalam tubuh yang dapat meningkatkan kualitas sel sperma dan sel telur. Ini terutama dapat membantu mereka yang sebelumnya didiagnosa dengan infertilitas, wanita yang sedang melakukan program hamil atau pasangan yang sedang terapy untuk kesuburan.

Fakta Singkat Tentang CoQ10 dan Kesuburan

Seperti dikutip dari  Cnyfertility.com kualitas sel telur wanita juga menurun seiring bertambahnya usia. Penurunan kualitas telur disebabkan oleh banyak faktor, antara lain menurunnya kromosom normal telur. Co Q10 adalah salah satu dari sepuluh suplemen yang direkomendasikan untuk pasien  dengan gangguan hormon yang terjadi pada wanita di usia subur (PCOS).

Penderita PCOS mengalami gangguan menstruasi dan memiliki kadar hormon maskulin (hormon androgen) yang berlebihan.  CoQ10 juga dapat meningkatkan kualitas sperma pria yang menurun seiring bertambahnya usia. Suplementasi Co Q10 dapat membantu meningkatkan parameter sperma untuk pria yang lebih tua dan pria dengan masalah kesuburan.

Sebuah studi tahun 2015 menunjukkan bahwa kadar Co Q10 yang suboptimal dapat menyebabkan defisit oosit dan penyebab menopause terkait usia. Kabar baiknya adalah bahwa penelitian yang sama menghasilkan hasil yang menunjukkan bahwa suplementasi Co Q10 dapat membantu memerangi penyebab infertilitas (menopause) terkait usia.

Co Q10 adalah antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan termasuk sel sperma dan sel telur. Sperma dan telur keduanya membutuhkan waktu sekitar 90 hari untuk berkembang. Untuk hasil terbaik, spesialis kesuburan merekomendasikan untuk mengonsumsi Co Q10 dan suplemen kesuburan lainnya setidaknya selama 90 hari sebelum mencoba hamil secara alami atau dengan terapi kesuburan.

Silahkan Anda kosumsi makanan  yang tersebut di atas atau mendapatkan suplemen vitamin CoQ10 yang ada dipasaran. Tip dan dan saran yang tersebut di artikel ini hanya sekedar tujuan imformasi. Bukan ditafsirkan sebagai saran medis yang profisonal. Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi Anda sebelum memulai program kebugaran atau saat hendak menggunakan obat-obatan herbal atau suplemen makan.[]

 

Exit mobile version